Sejarah Publikasi Superman

Sejarah Publikasi Superman – Superman adalah pahlawan super pertama DC dan salah satu pahlawan paling populer dan paling ikonik, baik di dalam maupun di luar alam semesta.

Asal Superman

Karakter Superman pertama yang diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster bukanlah pahlawan, tetapi penjahat. Cerita pendek mereka “The Reign of the Superman” menyangkut penjahat botak berkepala bengkok mendominasi dunia. Kisah itu tidak laku, memaksa keduanya untuk memposisikan ulang karakter mereka di sisi kanan hukum. Pada tahun 1935, kisah Superman mereka kembali ditolak oleh sindikat surat kabar yang ingin menghindari tuntutan hukum, yang mengakui karakter itu mirip dengan tokoh utama dari novel Philip Wylie tahun 1930. DC memutuskan untuk mengambil risiko dengan Superman, mencari tahu jika ada tuntutan hukum yang diajukan, mereka hanya akan membatalkan fitur tersebut.

Zaman Keemasan (1938–1955)

Superman yang direvisi pertama kali muncul di Action Comics # 1, Juni 1938. Meskipun beberapa elemen sudah hadir dalam edisi pertama seminalis itu – Clark Kent yang santun bekerja untuk surat kabar Metropolis, mencintai rekan kerjanya Lois Lane dan diam-diam merupakan alien dari planet Krypton yang menyebut dirinya Superman-, sebagian besar bahan yang biasanya dikaitkan dengan mitos akan ditambahkan selama dekade berikutnya.

Superman akan terbukti menjadi hit instan, dan Siegel dan Shuster menjual hak kepada perusahaan untuk $ 130 dan kontrak untuk memasok penerbit dengan materi, yang menyebabkan puluhan tahun pertikaian hukum atas hak-hak karakter. Superman segera menjadi bintang Action Comics – kembali kemudian majalah perakitan -, dan satu tahun kemudian (Juni 1939), judul solo pertamanya mulai dipublikasikan.

Pada bulan Maret 1941, DC menerbitkan World Best Comics # 1, judul crossover yang menampilkan karakter paling terkenal mereka, Superman, Batman dan Robin. Buku yang diberi nama World’s Finest setelah edisi pertama, Superman dan Batman yang mapan hidup di dunia yang sama dan berteman baik.

Pada Januari 1945, DC memutuskan untuk mulai menerbitkan petualangan masa kecil Superman. In More Fun Comics # 101 diterbitkan cerita pertama Superboy di mana Jerry Siegel dan Joe Shuster meriwayatkan asal Superman, secara tidak sengaja mengingat kembali penampilan pertamanya yang membuktikan bahwa ia memulai karir publiknya setelah mencapai kedewasaan. Setelah More Fun Comics # 107, petualangan Superboy dipindahkan ke Adventure Comics Vol 1, dimulai dengan Adventure Comics # 103 (April 1946). Tak lama setelah Superboy Vol 1 memulai publikasi pada Maret-April 1949. Petualangan Superboy akan menggali masa lalu Clark Kent dan orang tuanya Jonathan dan Martha Kent hingga 1985 dan akan memperkenalkan Lana Lang. [1]

Secara bertahap, Siegel -dan pada awalnya Shuster- akan membengkak jajaran pemeran pendukungnya dan Rogues Gallery, terkadang meminjam karakter acara radio The Adventures of Superman seperti Perry White [2] dan James Olsen [3]

Pada tahun 1940, Jerry Siegel dan Joe Shuster memasang “The K-Metal from Krypton”, sebuah cerita yang akan memperkenalkan Kryptonite dan di mana Superman akan belajar tentang asal-usulnya dan mengungkapkan identitasnya kepada Lois Lane. [4]. Meskipun demikian, kisah mereka ditolak, tetapi para penulis Superman Radio Show akan memperkenalkan Kryptonite pada tahun 1943, dan akhirnya muncul dalam buku-buku komik Superman pada tahun 1949, pada tahun yang sama Superman mempelajari asal-usulnya.

1950 akan menandai tahun ketika Superman bertemu dengan para penyintas Krypton lainnya untuk pertama kalinya: Mala, Kizo dan U-Ban, tiga penjahat Krypton. [5]

Sekitar waktu itu, Mort Weisinger, yang menjadi editor judul Superman dan Batman pada tahun 1941, mulai lebih menekankan pada cerita fiksi ilmiah.